jump to navigation

KAJIAN MALAM MINGGU Desember 29, 2007

Posted by sudiyanto in Islamic.
trackback

sabtu, 22 Desember 2007 saya dan temen-temen kampung ngadain acara kajian yang biasanya rutin 2 minggu sekali, tapi sudah beberapa bulan tidak diadakan. malam tadi kami jadika sebagai awalan yang semoga dapat menjadikan istiqomah kegiatan tersebut.
Kajian tadi malam diisi oleh Mas Eko. Isian kajiannya seputar sunah Rasulullah SAW dalam hal-hal kecil yang mungkin sering kita lupakan.

  1. Dari Abi Hurairah. Ia berkata : Telah bersabda Rasulullah SAW : “Haq muslim itu ada enam : apabila engkau bertemu dia, hendaklah engkau beri salam kepadanya; dan bila ia mengundangmu, hendaklah engkau menghadirinya; dan bila ia minta nasihat, hendaklah engkau nasihati dia; dan bila ia bersin lalu berkata Alhamdulillah, hendaklah engkau do’akan-dia; dan apabila ia sakit, hendaklah engkau menjenguknya; dan bila ia mati, hendaklah engkau turut mengantar (jenazah)-nya”. HR Muslim
  2. Dari Abi Hurairah. Ia Berkata : Telah bersabda Rasulullah SAW :”Lihatlah orang yang (keadaannya) di bawah kamu, dan jangan kamu lihat orang yang di atas kamu, karena yang demikian, lebih patut (menyebabkan)bahwa kamu tidak menganggap ringan ni’mat Allah kepada kamu ” Muttafaq ‘alaihi.
  3. Dari Nauwas bin Sam’an. Ia berkata : saya bertanya kepada Rasulullah SAW tentang kebaikan dan kejahatan. maka bersabdanya: “kebaikan itu adalah perangai yang baik dan kejahatan itu adalah sesuatu yang beredar di hatimu dan engkau tidak suka diketahui oleh manusia”.
  4. dari Ibnu Mas’ud. Ia berkata : Telah bersabda Rasulullah SAW. :”Jika kamu bertiga, maka janganlah dua orang berbisik dengan meninggalkan yang lain tetapi hendaklah kamu bercampur dengan manusia, karena yang demikian menduka citakan dia”.
  5. Dari Ibnu ‘Abbas. Ia berkata : Telah bersabda Rasulullah SAW : “Apabila seorang dari kamu makan, maka janganlah ia sekah (cuci) tangannya sebelum ia jilat atau jilatkan kepada orang lain”. Muttafaq ‘alaihi
  6. Dari Abi Hurairah. Ia berkata : telah bersabda Rasulullah saw: “hendaklah yang muda memberi salam kepada yang tua, dan yang berjalan kepada yang duduk, yang sedikit kepada yang banyak”. Muttafaq ‘alaihi, dan pada satu riwayat bagi muslim : “dan yang menunggang kepada yang berjalan”.
  7. Abi Hurairah. ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw: “janganlah kamu mulai salam kepada yahudi san nashara; dan apabila kamu bertemu mereka di satu jalan, desaklah mereka kepada yang paling sempitnya”
  8. dan daripadanya. Ia berkata : telah bersabda Rasulullah SAW: “Janganlah seseorang dari kamu minum dengan berdiri”
  9. dan daripadanya, bahwasanya Rasulullah saw bersabda: “Apabila seseorang dari kamu makan, hendaklah ia makan dengan kananya; dan apabila minum, hendaklah minum dengan kanannya karena syaithan makan dengan kirinya dan minum dengan kirinya”
  10. Dan daripadanya. Ia berkata : Telah bersabda Rasulullah SAW : “apabila seseorang dari kamu memakai kasut (sendal) hendaklah ia mulai dari kanan; dan apabila ia buka, hendaklah ia mulai dari kiri, yaitu hendaklah yang kanan itu pertama dipakaikan dan akhir dicabut”
  11. Dan daripadanya. Ia berkata : telah bersabda Rasulullah saw: “Janganlah seseorang dari kamu ebrjalan dengan sebelah kasut (sendal), tetapi hendaklah ia pakai kasut-kasutnya (sendal-sendalnya) bersama, atau ia cabut kedua-duanya bersama”

bebrapa hadits yang disampaikan dalam kajian malam minggu tadi, mungkin kita belum mengetahui hal-hal yang kecil yang sering kita abaikan. seperti pepatah “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”, kesalahan yang kecil yang sering akan menumkpuk menjadi hal yang besar.

Komentar»

1. albirrujilbab - Juni 19, 2008

ok deh klo ngaji trus …. nebalin iman


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: