jump to navigation

BEASISWA S2 S3 DEPKOMINFO 2008 Februari 5, 2008

Posted by sudiyanto in Pendidikan.
trackback

BEASISWA S2/S3 DEPKOMINFO (Untuk UMUM) 15 Pebruari 2008INFORMASI MENGENAI PERSYARATAN
BEASISWA S2 & S3 LUAR NEGERI
TAHUN 2008

A. INFORMASI UMUM

1. Beasiswa disediakan Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) bagi :
a. PNS, yakni pegawai negeri sipil di lembaga departemen dan lembaga non-departemen, baik di lingkungan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
b. Karyawan lembaga pendidikan, yakni pimpinan, dosen, dan staf pada lembaga-lembaga pendidikan, baik negeri maupun swasta.
c. Karyawan industri TIK, yakni pimpinan, karyawan dan karyawati perusahaan-perusahaan di bidang teknologi informasi dan komunikasi, baik BUMN/D maupun swasta murni.
d. Masyarakat umum, yakni pihak-pihak di luar tiga kategori tersebut, termasuk perorangan.

2. Beasiswa akan diberikan kepada para pelamar yang oleh Panitia Seleksi dinilai memenuhi persyaratan untuk mengikuti program pendidikan S2 dan S3 di perguruan tinggi di Belanda, Perancis, Australia, Swedia, dan Inggris yang telah ditetapkan Depkominfo.
3. Pelamar wajib memilih program studi sesuai dengan bidang-bidang studi yang telah ditetapkan Depkominfo, dan khusus bagi yang mendapatkan tugas akhir berupa penelitian, wajib menyelesaikan penelitian dengan tema / topik sesuai visi dan misi Depkominfo.
4. Bagi pelamar beasiswa S3, wajib melampirkan proposal penelitian dalam bahasa Inggris sesuai standar penulisan ilmiah.
5. Pelamar yang saat ini telah memiliki Surat Penerimaan (Letter of Acceptence) dari perguruan tinggi yang telah ditetapkan Depkominfo, dan Surat tersebut telah mendapatkan verifikasi dari Depkominfo, akan mendapatkan prioritas.
6. Pelamar wajib mengikuti ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan Depkominfo.

B. INFORMASI KHUSUS

1. Persyaratan

 Umum
1. Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Sehat jasmani dan rohani
3. Tidak sedang mendapatkan fasilitas beasiswa dari pihak lain
4. Mengikuti ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan Depkominfo
 Khusus:
1. Lulusan S1 bagi pelamar beasiswa S2 atau lulusan S2 bagi pelamar beasiswa S3
2. Memiliki IPK minimum 2,75 ( dari skala 4,0)
3. Memiliki nilai Institutional TOEFL minimum 550 atau IELTS minimum 6.5 (batas waktu tes terakhir adalah tahun 2006)
4. Memiliki nilai Tes Potensi Akademik (TPA) minimum 550 (batas waktu tes terakhir adalah tahun 2006). Bagi yang belum memiliki nilai TPA, dapat mengikuti tes yang akan diselenggarakan Bappenas. (hubungi: Ibu Ajeng, Unit Pelayanan dan Penyelenggara TPA Bappenas Jl. Proklamasi No. 70, Jakarta, Telp. 021-3911627)
5. Memiliki nilai GRE/GMAT, bila program studi di perguruan tinggi yang bersangkutan mensyaratkan (batas waktu tes terakhir adalah tahun 2006).
6. Mendapat rekomendasi dari pejabat berwenang (minimum dari pimpinan instansi setingkat Eselon II bagi PNS, dari pimpinan perusahaan atau pejabat lain yang berwenang bagi karyawan dan karyawati industri TIK, dari pimpinan perguruan tinggi atau pejabat yang berwenang di lembaga pendidikan bagi pimpinan satuan kerja, dosen dan staf di lembaga pendidikan, dan dari dosen pembimbing skripsi atau pembimbing tesis bagi masayarakat umum)
7. Diutamakan :
a. Memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 2 tahun, terhitung mulai tanggal diangkat menjadi PNS dalam gelar S1 pada instansi yang bersangkutan (bagi pelamar kategori PNS) atau memiliki pengalaman bekerja minimum 2 tahun (bagi pelamar kategori karyawan dan karyawati perusahaan industri TIK, dan masayarakat umum)
b. Berusia usia maksimum 35 tahun (bagi pelamar beasiswa S2) dan 40 tahun (bagi pelamar beasiswa S3) pada saat pendaftaran
c. Belum memiliki gelar dan tidak sedang mengikuti program pendidikan S2 (bagi pelamar program S2) dan S3 (bagi pelamar program S3)
8. Khusus bagi pelamar beasiswa S2 dan S3 yang telah lulus seleksi penerimaan calon mahasiswa di perguruan tinggi luar negeri yang sesuai dengan ketetapan Depkominfo, wajib melampirkan Surat Penerimaan (Letter of Acceptence) dari perguruan tinggi yang bersangkutan
9. Mengisi Formulir Pendaftaran
10. Menandatangani Surat Pernyataan yang telah disediakan.
Formulir Pendaftaran yang telah diisi dan seluruh dokumen yang dipersyaratkan harus dikirim via pos atau diantar langsung dan diterima Panitia Seleksi dengan alamat tersebut di bawah ini paling lambat tanggal 15 Februari 2008.
Panitia Seleksi tidak melayani pertanyaan atau komunikasi, baik secara langsung maupun via telepon dan Internet.

Alamat Pengiriman Berkas Lamaran :

DEPARTEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
Tim Pengembangan Sumber Daya Manusia
Panitia Seleksi Beasiswa S2 dan S3 Luar Negeri
Gedung Departemen Komunikasi dan Informatika Lt. 5
Jalan Medan Merdeka Barat No. 9
Jakarta – 10110

2. Bidang Studi

Bidang studi yang diutamakan dalam program beasiswa ini adalah:
1. Hukum (Cyber, Satelit, Telekomunikasi, dan bidang hukum yang terkait dengan TIK lainnya)
2. Ekonomi (E-Commerce, E-Business, dan bidang ekonomi yang terkait dengan pemanfaatan TIK lainnya)
3. Ilmu Komputer
4. Teknik Informatika
5. Teknik Elektro/Elektronika
6. Teknik Telekomunikasi
7. Ilmu Komunikasi (Penyiaran, Jurnalistik, dan Komunikasi Masa)

3. Nama Perguruan Tinggi dan Negara Tujuan Studi

Perguruan Tinggi dan negara yang diutamakan dalam program beasiswa ini adalah:

1. Belanda
a. Tilburg University b. University of Twente
c. Utrecht University d. University of Groningen
e. Erasmus University Rotterdam f. Delft University of Technology
g. Leiden University h. Vrije Universiteit Amsterdam
i. Hogeschool Utrecht j. Univeriteit van Amsterdam
k. Eindhoven University of Technology l. HAN University of Applied Science
m. Wageningen University and Research Center n. Universiteit Maastricht
o. The Hague University

2. Perancis
a. Ecole Normale Superieure, Paris b. Ecole Polytechnique
c. Universite Pierre et Marie Curie, Paris d. Ecole Normale Superieure de Lyon
e. Universite Louis Pasteur f. Science Po Paris
g. Universite Paris-Sud h. Universite Paris Sorbonne

3. Australia
a. University of New South Wales b. University of Adelaide
c. University of Sidney d. University of Melbourne
e. Australia National University f. University of Queensland
g. Monash University h. University of Western Australia

4. Swedia
a. Chalmers University of Technology b. Linkoping University
c. Halmstad University d. University of Trollhatan/Uddevalla
e. IT University of Goteborg f. Upsalla University
g. Royal Institute of Technology

5. Inggris
a. University of Cambridge b. University of Oxford
c. Imperal College London d. University College of London
e. University of Edinburgh f. King’s College London
g. University of Manchester h. University of Bristol

C. PROSES SELEKSI DAN PEMBERANGKATAN

1. Proses Seleksi
Proses seleksi terdiri dari tiga tahap, yaitu:
1. Seleksi administratif, yakni tahap penilaian terhadap kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan
2. Seleksi kemampuan akademik, yakni tahap penilaian terhadap kemampuan bahasa Inggris (nilai TOEFL/IELTS), TPA, GRE/GMAT (bila diperlukan), dan aspek lain untuk menyusun daftar pendek berdasarkan peringkat prestasi, prioritas, dan potensi pelamar.
3. Wawancara, yakni tahap penilaian terhadap tujuan dan motivasi belajar, sikap kepribadian, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan tujuan program beasiswa.

2. Proses Pemberangkatan
1. Pemberangkatan ke negara-negara tujuan studi segera dilaksanakan bila pelamar:
a. Selesai mengikuti seluruh proses persiapan yang diselenggarakan oleh Depkominfo
b. Memiliki Surat Penerimaan (Letter of Accepatence) dari perguruan tinggi yang telah ditetapkan, dan surat tersebut telah diverifikasi oleh Depkominfo
c. Memenuhi aturan keimigrasian negara tujuan studi
d. Memiliki surat ijin belajar dari Pemerintah Indonesia
e. Tidak sedang dalam keadaan hamil pada saat pemberangkatan ke negara tujuan studi

2. Prioritas pemberangkatan diberikan kepada pelamar yang telah lulus seleksi dan telah memiliki Surat Penerimaan (Letter of Acceptence) dari perguruan tinggi yang telah ditetapkan Depkominfo.

D. CAKUPAN DAN KEWAJIBAN PENERIMA BEASISWA

1. Cakupan Beasiswa

1. Biaya kuliah (tuition fee)
2. Biaya perjalanan pesawat udara kelas ekonomi pergi-pulang dari dan ke negara tujuan studi (pada saat keberangkatan dan kepulangan)
3. Uang penempatan awal (establishment cost)
4. Biaya hidup selama mengikuti pendidikan (living allowance)
5. Asuransi kesehatan
6. Biaya pengurusan visa pelajar (student visa)

Catatan:
1. Peserta yang telah berkeluarga dapat membawa serta keluarganya ke negara tujuan studi dengan biaya sendiri (Depkominfo tidak memberi tunjangan keluarga).
2. Formulir pendaftaran harus diisi dengan jelas dibubuhi materai secukupnya dan disertai dengan semua dokumen sebagaimana tersebut dalam Daftar Kelengkapan Persyaratan
3. Keputusan Panitia Seleksi bersifat mutlak, tidak dapat diganggu gugat.

2. Kewajiban pelamar

1. Mematuhi seluruh peraturan yang telah ditetapkan oleh Depkominfo berkaitan dengan program beasiswa
2. Mematuhi peraturan negara tujuan studi sebagai pemegang visa pelajar (student visa)
3. Berperilaku baik dan menjaga nama baik Negara Kesatuan Republik Indonesia selama mengikuti pendidikan di luar negeri
4. Melaporkan perkembangan dan hasil studi kembali kepada Depkominfo selama mengikuti dan setelah menyelesaikan pendidikan di luar negeri.

DEPARTEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
Tim Pengembangan Sumber Daya Manusia
Panitia Seleksi Beasiswa S2 dan S3 Luar Negeri
Gedung Departemen Komunikasi dan Informatika Lt. 5
Jalan Medan Merdeka Barat No. 9
Jakarta – 10110

Forms bisa didownload di (format .doc)
http://www.depkominfo.go.id/
atau semua files sudah saya jadikan satu dg format zip di folder Files milis ini dg nama Depkominfo.zip
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/files/
Dhan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: