jump to navigation

Hal-Hal Kecil Penunjang Sukses Februari 25, 2008

Posted by sudiyanto in Karier, Wisdom.
trackback

Baru-baru ini saya berseminar di sebuah bank terkenal. Di seminar itu saya bercerita tentang pengalaman saya yang sering berkirim sms pada lebaran, tahun baru dan waktu2 lainnya. Ini semua untuk menjaga network saya.

Setelah seminar teman saya bilang, “Pak Tanadi, sebenarnya saya mengundang Bapak ini juga karena sms Bapak. Lama saya tidak kontak2 dengan Bapak. Saya ingin sekali membuat acara bersama bapak, tetapi saya tidak punya lagi nomor kontak Bapak, karena HP saya pernah hilang. Eh pas lebaran lalu ada sms Bapak. Saya jadi tahu kontak Bapak. Dan akhirnya saya bisa mewujudkan acara ini.”
Saya sering mengajarkan teman2 untuk menjaga network. Salah satu caranya adalah berkirim sms itu. Dulu saya melakukan ini dengan email. Setiap 2-3 bulan atau setahun 4 kali kira-kira, saya membuat email cerita tentang kehidupan saya yang menarik, tentang keadaan dan pandangan saya terhadap dunia bisnis terkini, tentang hal-hal bermanfaat lainnya. Emailnya cukup panjang. Dan saya kirim ke semua teman yang ada di address book saya.

Kebiasaan beremail ini tergantikan dengan sms sekarang. Saya mengirim sms ke teman-teman di hari-hari besar; lebaran, tahun baru, natal. Juga pada hari hari biasa lainnya, yang penting ada sesuatu yang menarik orang untuk membaca. Cobalah membuat sms tentang cerita singkat anda, tentang hal yang menarik, lucu dan lainnya. Apa saja. Dan kirikan ke teman-teman sebanyak mungkin.

Apa yang akan terjadi ? Teman anda akan selalu teringat anda. Selalu ter-’inform’ tentang kehidupan anda yang terakhir. Sehingga kalau teman anda mencari bisnis baru, mencari seorang partner, mencari teman karena adanya ’opportunity’ besar, karena dia tahu sms anda, dia ingat anda, dia akan mengkontak anda. Jadinya anda sebenarnya telah meningkatkan keberuntungan anda sendiri.

Hal-hal kecil seperti ini kadang akan menopang dan menunjang kesuksesan anda. Ini semua hanya karena anda melakukan hal-hal kecil positip secara rutin dan berkelanjutan. Sesuatu yang sebenarnya mudah dan murah. Keberuntungan itu adalah kesempatan yang bertemu dengan persiapan. Network akan membantu membuka kesempatan sukses anda. Selamat berbisnis dan sukses untuk anda.

Sumber : Tanadi Santoso 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: