jump to navigation

Sukses Karena Mau Menerima Tantangan Februari 25, 2008

Posted by sudiyanto in Karier, Laen-laen, Wisdom.
trackback

Saya berpikir tentang apa saja yang membuat kita menjadi maju dalam kehidupan ini. Salah satu kunci adalah mau melalukan sesuatu yang sebelumnya anda tidak bisa. Yang membuat kita menjadi orang yang asalnya hanya bisa ABCD saja menjadi orang yang bisa ABCDEFG. Kemajuan itu ditimbulkan karena kita menerima tantangan pada diri kita dan kita menyelesaikan tantangan itu dengan baik.

Dahulu saya sering mangajar tapi jarang berseminar publik. Maka suatu hari saya diajak oleh teman-teman dari PAS FM, ”Pak San, ayo kita bikin seminar publik keliling 4 kota.” Maka ini adalah sebuah tantangan, karena sebelum ini saya tidak pernah seminar publik dengan menjual tiket, apalagi keliling 4 kota dengan membawakan sebuah seminar.

Maka terpaksa selama 1,5 bulan saya mempersiapkan betul-betul materinya. Saya coba, saya latih, dan latih lagi, sehingga akhirnya saya berani dan bisa melakukan seminar 4 kota. Setelah itu apa ? Saya sudah bisa membewakan sebuah seminar.

Saya pernah ditantang, ”Pak San, bagaimana kalau memberikan seminar tentang ’Blue Ocean Strategy’ ? Blue Ocean Strategy adalah judul sebuah buku yang menarik yang lagi ramai diperbincangkan. Saya memang pernah membacanya. Tapi memberikan seminar dan membaca saja itu lain. Kalau memberikan seminar, anda harus betul-betul memahami inside-out, bisa ngomong, bisa cerita dan tahu dari berbagai sudut pandang, bahkan bisa memberikan contoh2 lokal yang berhasil.

Orang bilang kalau anda bisa cerita, punya pengetahuan 100% maka anda cuma bisa sharing 30% sampai 40% saja. Anda tidak bisa men-sharingkan semua. Pengetahuan anda harus lebih besar daripada yang anda bicarakan. Saya bilang OK. Saya setuju. Selama 1 bulan saya cari materi berkaitan dengan ’Blue Ocean Strategy’. Saya download materinya dari internet, saya baca ulang materi kuliah saya dulu, saya beli pdf nya di amazon, saya download ppt orang lain tentang hal itu, dan seterusnya. Saya pelajari lebih dalam sehingga akhirnya siap memberikan seminar ’Blue Ocean Strategy’.

Suatu waktu saya pernah diminta untuk memfasilitasi pembuatan ‘Misi Visi dan Value’ sebuah perusahaan. Saya tahu ‘Misi Visi dan Value’, karena waktu kuliah MBA dulu diajarkan juga. Namun saya tidak pernah mengerjakan hal ini. Dan saya tanya kapan waktunya? ”Pak, masih 3 minggu lagi”. OK saya terima. Tiga minggu berikutnya, saya siap menjadi fasilitator dalam pembuatan ‘Misi Visi dan Value’ perusahaan.

Kita selalu diberikan tantangan untuk maju. Sesuatu hal untuk melakukan sesuatu yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Kalau ini anda alami, cobalah, terimalah tantangan itu dan lakukan. Paling tidak sebulan sekali, dua bulan sekali atau setahun sekali anda diharapkan bisa menghadapi ’major request’ untuk sesuatu yang baru, yang belum pernah anda lakukan. Dan harus dapat anda lakukan dengan baik! Karena dengan itu maka anda memperluas ’comfort zone’ anda. Sehingga anda menjadi lebih maju dalam skill dan knowledge anda. Menjadi orang yang lebih hebat, menjadi orang yang lebih berhasil.

Terimakasih dan salam sukses untuk anda.

sumber : Tanadi Santoso 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

