jump to navigation

Mengenal Kekuatan & Kelemahan Diri Maret 30, 2008

Posted by sudiyanto in Karier, Laen-laen, Wisdom.
trackback

“A chain is only as strong as its weakest link”
– Proverb

“Knowing others is intelligence; knowing yourself is true wisdom;
 mastering others is strength; mastering yourself is true power.”
– Lao Tzu

Ketika sedang meluangkan waktu dengan adik saya di hari Minggu, Ia menanyakan kepada saya,

Mbak, bagaimana sih mencari tahu kekuatan dan kelemahan diri sendiri?
Banyak caranya, memang kenapa?
Gak, aku merasa aku butuh tahu aja… 

Dan Ia memang benar, menurut saya, kita cenderung mudah menilai orang lain, tetapi bingung ketika ditanyakan apa kekuatan dan kelemahan diri kita sendiri. Padahal, bila kita belum memahami kelemahan kita, bagaimana kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik? Dan, cara paling mudah menurut saya mengetahui kekuatan dan kelemahan diri kita adalah dengan mengenal kepribadian kita sendiri. Banyak cara mengetahui dan mengenal siapa diri Anda, dan salah satunya melalui tes kepribadian Personality Plus yang dikenalkan oleh Florence Littauer.

Berdasarkan Personality Plus, setiap orang yang dilahirkan di dunia ini terbagi menjadi empat kategori, yaitu: Sanguin, Koleris, Melankolis dan Phlegmatis, yang akan saya jelaskan ciri-cirnya setelah ini. Ini adalah keunikan dan watak dasar dari setiap orang yang Anda kenal. Ini adalah kepribadian sebagaimana ia dilahirkan dan diturunkan dari orang tuanya. Seperti beberapa orang dilahirkan dengan mata biru, beberapa orang pun dilahirkan sanguin. Beberapa orang dilahirkan dengan rambut hitam, maka beberapa orang kepribadiannya melankolis. Tidak ada satu kepribadian yang lebih baik dari yang lain dan sebaiknya tidak digunakan untuk menstereotype orang lain, melainkan untuk memahami mereka lebih baik.  

1. Sanguin – Populer

Kepribadian Sanguin salah satu ciri-cirinya adalah orang-orang yang periang, banyak berbicara, suka menjadi pusat perhatian, temannya banyak, cenderung populer, modis, berpenampilan menarik, positif dan banyak tertawa. Tipe orang-orang yang banyak dirindukan kehadirannya oleh orang lain.  Jika berbicara pasti penuh alunan, intonasi dan gestur, seperti Indra Bekti dan Indi Barend. Kelemahannya, ia suka pelupa, cepat bosan, semangat di depan tetapi kehilangan motivasi di akhir jalan, suka memotong pembicaraan orang lain, berantakan dan tidak konsisten. 

Bakatnya menjadi pembicara, Public Relations, dan marketing.

2. Koleris – Kuat 

Tipe orang-orang Koleris adalah orang-orang yang biasanya tahu apa yang ia inginkan, terus berusaha untuk mendapatkannya dengan caranya sendiri. Ia sangat bakat menjadi pemimpin dan berkeinginan kuat. Tidak kenal takut dan selalu mencoba cara-cara baru. Tidak mudah digugah. Sehingga kelemahannnya pun berkisar di sekitar itu juga, seperti keras kepala, mudah marah, cenderung bossy, bisa manipulatif dan tidak punya perasaan. Dari cara berbicaranya pun tegas dan tidak suka bertele-tele.

Jadi ketika Anda berkomunikasi atau berhubungan dengan tipe Koleris, Anda tidak boleh ragu, lambat, bertele-tele dan terlalu emosional. 

3. Melankolis – Perfeksionis

Orang-orang melankolis cenderung perfeksionis. Semuanya selalu rapi, ada pada tempatnya dan mempunyai prosedur. Ia menyukai hal-hal yang detil. Selalu memikirkan segala hal dan menganalisanya. Walaupun kreatifitasnya pun sangat tinggi. Tipe orang-orang yang sensitif dan romantis masuk dalam kategori ini. Kelemahannya, ia cenderung negatif, pendendam, skeptik, tidak mudah mempercayai orang lain, moody, depresif dan menyendiri. 

Jadi, bila menghadapi orang-orang melankolis, jadilah lebih sensitif dan berikan data-data pendukung karena Ia akan terus butuh dibuktikan. Mereka bakat menjadi seniman, peneliti dan ilmuwan.

4. Phlegmatis – Damai 

Orang-orang Phlegmatis itu pencinta damai, tidak menyukai perselisihan, sangat sabar, berbakat menjadi mediator. Ia sangat menyenangkan, konsisten dan pendengar yang baik. Banyak orang suka curhat lepada tipe Phlegmatis. Kelemahannya cenderung penakut, lamban, selalu kuatir, dan tidak dapat mengambil keputusan.

Bersabarlah menghadapi orang-orang phlegmatis, terutama dari nada suara Anda, karena Anda akan mengintimidasi dan lebih menjauhkan mereka. 

Saya tidak akan menjelaskan secara detil apa perbedaan masing-masing kepribadian ini, karena Anda bisa langsung mendapatkan langsung dari bukunya, tetapi lebih bagaimana Anda bisa meningkatkan kualitas hidup Anda dengan mengetahui kepribadian diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

Dengan mengetahui kepribadian Anda secara detil, Anda bisa memahami apa kekuatan dan kelemahan diri Anda sehingga Anda tahu apa yang biasanya menghambat Anda sehari-hari dan bagaimana Anda bisa memfokuskan diri Anda ke salah satu kekuatan Anda sehingga itu menjadi ciri-ciri Anda dan membantu Anda menjadi lebih efektif dan produktif. 

Dengan memahami kepribadian orang lain, termasuk rekan kerja, atasan maupun pasangan Anda, Anda bisa lebih mengerti mengapa selama ini Anda selalu mengalami kesulitan menghadapi mereka dan bagaimana Anda bisa mengatasi orang-orang tersebut dengan lebih efektif.  Tetapi ingat, pahamilah orang lain terlebih dahulu sebelum Anda ingin dipahami. Jadi jangan harapkan orang lain untuk berubah sebelum Anda dapat merubah bagaimana Anda memperlakukan orang lain atau menangani situasi di sekitar Anda.

Untuk mengetahui kepribadian Anda dan kemudian kekuatan dan kelemahan Anda, Anda dapat mendownload file excel ini untuk Tes Kepribadian dan mengisinya sesuai panduan.  

Setelah Anda mengisinya, hal-hal yang perlu Anda perhatikan adalah:

1.       Kepribadian Anda

2.       Kekuatan Anda
Pilih satu yang Anda bisa fokuskan setiap harinya untuk memperkuat diri Anda.

3.       Kelemahan Anda
Kenali dan ketahui benar-benar agar Anda secara sadar dapat mengetahui diri Anda ketika Anda sedang dikuasai oleh hal-hal negatif ini.

Jangan lupa baca Personality Plus by Florence Littauer untuk lebih jelasnya. Anda juga bisa menemukan Personality Plus for Parents and Couples )

Posted by: aristiwidya

Komentar»

1. elva nitami - April 24, 2008

mbak gimana sich agar cowok itu bisa jatuh cinta pada cewek.nasalahnya apa sih yang dilihat cowok kepada cewek

2. mita susilo anggraini - Desember 9, 2008

Gimana ya….cara ngertiin sahabat yang sensitif.

3. lawrence - Juni 28, 2009

bagaimana cara untuk belajar agar tidak selalu berasa terganggu..

4. sona - November 12, 2009

Wow..bgs bngt artkl’y,jd kpngen bli bku’y hehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: